Minggu, 18 Maret 2012

gunung berapi

indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali gunung, hampir di setiap pulaunya terdapat gunung berapi baik yang masih aktif maupun yang sudah pasif. oleh karena itu indonesia di juluki "ring of fire". sebenarnya  gimana sih gunung api itu terbentuk. Berikut coba kita bahas.
terbetuknya gunung berapi:
yang pastinya sih pergerakan antar lempeng, yang nantinya akan membentuk gung api yang berbeda beda, seperti:
1. pemekaran kerak benua, lempeng bergerak saling menjauh sehingga memberikan kesempatan magma bergerak ke permukaan, kemudian membentuk busur gunung api tengah samudera.
2. tumbukan antar kerak, dimana kerak samudera menujam ke bawah kerak benua. akibat gesekan antar kerak tersebut terjadi peleburan batuan atau lelehan batuan ini bergerak ke permukaan melalui rekahan kemudian membentuk busur gunung api tepi benua.  
3. kerak benua menjauh satu sama lain secara horizontal, sehingga menimbulkan rekahan atau patahan. patahan atau rekahan tersebut menjadi jalan ke permukaan lelehan batuan atau magma sehingga membentuk busur gunung api tengah benua atau banjir lava sepanjang rekahan.
4. penipisan kerak samudera akibat pergerakan lempeng memberikan kesempatan bagi magma menerobos ke dasar samudera, terobosan magma ini merupakan banjir lava yang membentuk deretan gunung api perisai.

lalu, muncul pertanyaan, terus sebenarnya ada gak sih gunung api yang mati tuh?...
jawaban ini menurut sepengetahuan saya, gunung api itu sebenarnya tidak pernah mati, jika dia tidak aktif, sebenarnya si gunung itu lagi istirahat aja, setelah sekian tahun atau sekian ratus tahun dia tidak menampakan aktifitasnya, si gunung itu sebenarnya lagi istirahat dan ngumpulin tenaga yang besar banget buat di keluarin di kemudian hari, jadi seolah-olah gunung itu mati padahal tidak.

terus muncul pertanyaan lagi, jadi bahaya gunung api yang diam aja, seolah gunung itu mati atau gunung api yang tiap tahunnya beraktifitas secara signifikan sih?..
nah ini juga menurut saya dan sepengetahuan saya, lebih bahya gunung api yang seolah mati tapi sebenernya dia istirahat di banding sama gunung api yang beraktifitas secara signifikan. soalnya gunung api yang beraktiftas secara signifikan sih tenaganya selalu dikeluarin secara rutin, jadi kalaupun tuh gunung meletus paling efek yang ditimbulinnya gak terlalu besar. paling kerusakan alam di sekitar atau kawasan gunung itu aja, berapa kilometer lah.. beda sama gunung yang gak pernah beraktifitas, giliran dia beraktifitas dia bakalan ngeluarin tenaga yang udah dia kumpulin lama dan bakalan bikin bencana besar sehingga efek yang ditimbulinnya juga bisa aja satu pulau itu kena efeknya, satu negara, satu benua atau bahkan seluruh dunia merasakan efek dari letusan gunung berapi tersebut.

jadi, aktifitas gunung api itu bakal terus ada gak sih?..
 yah jawabannya ada selagi proses subduksi/pergerakan lempeng itu masih ada di bumi ini, jadi otomatis aktifitas magmatis juga pasti akan selalu ada...

thanks bnaget, ini cuma sekedar iseng-iseng doang.. soalnya aku pernah ditanya sama temen aku tentang na, kenapa gunung berapi bisa jadi mati atau gak aktif?.. nah sekedar referensi n sepengetauan aku, ya jawabannya gini, aku nyoba jawab aja sih.. bener atau salahnya aku juga gak tau.. kalo ada yang tau lebih mendalam silahkan kritk n saranya aja yah... :-)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar