Senin, 26 Maret 2012

hari air, udah pada tau belum?..

air merupakan sumber kehidupan yang sangat di butuhkan oleh semua makhluk di bumi ini. bahkan kita dapat hidup di bumi karena hanya bumi satu-satunya planet yang memiliki air. keberadaan air sendiri di bumi ini hampir 70% dan daratan hanya 30%. jadi air itu sangat dibutuhkan dan banyak sekali manfaatnya.
terus kenapa kita sering seenaknya sendiri terhadap sumber daya yang satu ini (air). kita tak pernah peduli akan kelestarian sumber daya air, tapi ketika air itu mulai langka kita mulai kewalahan dibuatnya. padahal itu akibat ulah manusia sendiri yang suka seenaknya..
seiring berkembangnya  teknologi yang semakin pesat, pencemaran pun terjadi di mana-mana, terjadi krisis sumber daya dalam hal ini sumber daya air. pencemaran air terjadi hampir di seluruh negara di dunia ini, apalagi negara berkembang seperti Indonesia yang sungainya di penuhi dengan limbah rumah tangga, dan limbah industri yang berbahaya bagi kehidupan yang ada di sungai tersebut. pencemaran air sendiri akan membahayakan keseimbangan ekosistem.
air dikatakan tercemar apabila kondisi fisik, kimia, biologi air tersebut telah mengganggu ekosistem.
terus hari air kapan diperingatinnya?.. hari air jatuh pada tanggal 22 maret dan dicetuskan pertama kali dalam rangka United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi oleh PBB di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Namun peringatan hari air ini, baru diperingati pada tahun 1993.
kenapa sih harus ada hari air sedunia?..
sebenarnya hari air sedunia ditunjukan untuk menarik perhatian masyarakat dunia akan pentingnya air. selain itu agar masyarakat  juga peduli akan keberadaan air. kita sebagai manusia yang hidup di bumi dan sangat bergantung pada keberadaan air, jangan cuma mau makenya aja.. tapi kita tidak pernah mau tau dan peduli akan air. padahal tubuh manusia juga 75%nya terdiri dari air, selain itu bumi juga lebih banyak airnya. yah ok lah kalo planet bumi kan lebih banyak air asinnya (laut) tapi coba kita bayangkan kalau komposisi air pada tubuh kita dan pada bumi itu lebih sedikit, mungkin semua sistem yang ada pada tubuh kita dan planet bumi akan tergangu. jadi kita harus menjaga air, karena air bersih baik untuk kesehatan.
lalu apa yang kita perbuat agar air tetap lestari?
mulailah berhemat air,, mulai kurangi pencemaran air.. dan kita coba tanam air hujan.. gimana caranya nanam air hujan?.. yah kalo menurut pemikiran aku sih, kayanya dengan cara penanaman pohon dan tumbuhan, kan pohon sama tumbuhan akarnya dapat menyerap air.. dan bisa menjaga ketersediaan air terutama ketika musim kemarau tiba, supaya air tidak mengalami kelangkaan dan ketika hujan agar tidak terjadi banjir.. mbetul gak... hehe :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar