Senin, 26 Maret 2012

hari bumi....

       Hari bumi?.. Mungkin kata itu sering kita dengar, tapi apa sebenarnya kita tau apa itu hari bumi?... Kapan hari bumi pertama kali ada?.. Dan siapa pencetusnya?.. Terus kenapa sampe hari bumi itu ada?.. Banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak kita yang belum tau pasti tentang hari bumi. Berikut,  coba kita ulas mengenai hari bumi.
       hari bumi jatuh pada tanggal 22 april setiap tahunnya. hari bumi sendiri  di cetusin pada tahun 1970 oleh seseorang yang berkebangsaan Amerika Serikat bernama Gaylord Nelson, yaitu seorang pengajar lingkungan hidup. selain itu hari bumi yang diperingati oleh PBB juga beda lagi yaitu pada tanggal 20 maret, usul tentang hari bumi itu di canangkan oleh seorang aktivis perdamaian yang bernama Jhon McConnel pada tahun 1969.
      kenapa sih hari bumi itu ada?.. hari bumi ada karena kita tinggal di bumi, hehe itu jawaban yang sangat cemen sekali mungkin.. tapi di sini saya akan membahas sedikit kenapa hari bumi ini muncul. hari bumi sendiri ada buat ningkatin kesadaran kita sebagai makhluk (manusia) yang menghuni bumi, dan mempunyai andil besar dengan apa yang terjadi di bumi. buat ngingetin kita aja ya, sebenernya bumi itu udah tua banget. umur bumi diperkirakan sekitar 3,8 bilion tahun. kalo kita analogikan bumi ini sudah seperti manusia yang udah mau mati kayaknya. dan beban yang diemban oleh bumi sekarang ini sudah sangat berat.
      kita sendiri sebagai manusia yang hidup dan tinggal di bumi terkesan tidak pernah peduli dan tidak mau tau dengan bumi kita, dengan lingkungan kita. seolah kita tutup mata dan acuh terhadap semua kerusakan yang begitu merajalela dan terjadi di sana-sini, sebenarnya  itu semua ulah kita sendiri sebagai manusia.  namun kita semua tak mau sadar, baru ketika musibah atau bencana itu datang kita saling menyalahkan satu sama lain. kita baru ingat dan baru mau peduli. apakah harus ada musibah dulu kita baru mau merawat dan melstarikan bumi?.. sungguh ironis, tempat tinggal kita sendiri tidak mau kita rawat.. hmmh kalau bukan kita yang merawat bumi kita sendiri terus siapa lagi?..
       kesan yang ditimbulkan dari sikap manusia yang tidak pernah mau peduli dengan bumi dan lingkungannya mengakibatkan: berbagai pencemaran yang terjadi di bumi, seperti pencemaran air, udara, suara, tanah dan sebagainya. penipisan lapisan ozon, akibat penggunaan ac dan cfc yang berlebihan,  pembakaran sampah dan sebagainya. punahnya berbagai spesies hewan dan tumbuhan, terjadi krisis air.       
semakin berkurangnya vegetasi penutup lahan terutama hutan. semakin sempitnya ruang yang ada di bumi.. dan berbagai masalah yang timbul di dalamnya...
       terus gimana sikap kita sebagai manusia yang menghuni planet bumi?.. paling gak kita bantu bumi dengan hal-hal yang kecil dan sepele. kita galakan sikap 3R yaitu Reduce, Recycle, dan Reuse.. mulai kurangi membeli barang-barang yang menggunakan banyak bungkus, kalo belanja coba bawa tas yang bisa memuat barang belanjaan kita, biar gak banyak plastik yang digunain.. coba buat hemat listrik, hemat air juga. pakai lagi barang-barang yang bisa di gunain lagi. hmmmh apa lagi yah, kita juga bisa menggunakan kertas bekas/buku bekas yang sudah tidak digunakan untuk mencatat hal-hal penting, contohnya catatan kuliah pake kertas bekas printan yang salah. kantong kresek buat tempat sampah.  yah mungkin itu.. owh iya, kalo mau pergi-pergi lebih baik menggunakan kendaraan umum, biar mencegah polusi juga, udah gak jaman deh gengsi-gengsian, atau gak kalo perginya deket pake sepeda atau jalan kaki aja biar hemat.. naik sepeda n jalan kaki kan lebih sehat buat kita.. hehe

hayo semangat buat kelestarian bumi kita, kalau bukan kita siapa lagi.. kita harus menjaga bumi kita demi anak cucu kita nanti.. ^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar